Pendapatmu senjata terbaikmu




"Keyakinan yang kuat membuat segala sesuatunya menjadi mungkin"
[ Mofacia ]

Rosulullah SAW membebaskan 70 tawanan perang.Sebelum mengambil keputusan, terlebih dahulu Rosulullah meminta pendapat para sahabatnya.

Sahabat Umar bin Khotob r.a mengajukan pendapatnya.Menurut beliau lebih baik tawanan itu di bunuh,agar musuh menjadi gentar.

Rosulullah tidak menerima pendapat Umar.Tetapi beliau menolaknya dengan halus.Rosulullah mengatakan "Pendapat Umar sangat bagus mirip dengan karakter Nabi Nuh yang keras".

Kemudian Rosulullah kembali meminta pendapat yang lainnya. Abu Bakar r.a.berpendapat sebaiknya tawanan tersebut di bebaskan dengan syarat.Bagi yang kaya harus membayar denda 4 dinar,dan bagi yang tidak mampu, di wajibkan harus mengajari anak-anak baca tulis.

Ternyata yang di sukai Rosulullah SAW adalah pendapat Abu Bakar r.a.Akhirnya supaya tidak menyinggung perasaan Umar,Rosulullah menjatuhkan keputusan dengan kiasan.

"Jadi yang pertama mirip dengan Nabi Nuh,dan yang ke dua mirip dengan Nabi Ibrahim.Hanya saja 
aku lebih memilih yang ke dua" kata Rosulullah, dan Umarpun tidak merasa tersinggung.

Pendapat yang kuat dan penuh keyakina sering di jadika pegangan bagi sebagian orang.yang tentu saja pendapat tersebut mempunyai landasan yang kuat, di tinjau dari segi kemanfaatanya lebih banyak.

Pendapat sahabat Abu Bakar r.a lebih di terima Rosulullah SAW karena akan mendatangkan manfaat yang besar dan bukan berarti pendapat sahabat Umar bin Khotob tidak bagus,namun lagi-lagi di tinjau dari mana yang akan mendatangkan manfaat besar.

Di sisi lain Ulama mazhab yang 4 yaitu Maliki,Hanafi,Syafi'i dan Hambali mereka pun mempunyai pendapat masing-masing tentang tata cara beribadah.Pendapat merekan di terima dengan baik di kalangan pengikutnya,karena pendapat Ulama mazhab yang 4 itu mempunyai landasan yang kuat merujuk kepada Qur'an dan Sunnah.

Baru-baru ini,Indonesia kedatangan seorang Syeh yaitu Syeh Ali Jabeer.Beliau sangat terkenal karena sering muncul di Televisi menyampaikan ceramah.Syeh Ali Jaber pernah berpendapat tentang kebiasaan orang Indonesia dalam melaksanakan ibandah Qurban.

Salah satunya beliau mengatakan orang Indonesia kalau melaksanakan Qurban itu satu kambing satu orang.Padahal Rosulullah mencontohkan dengan menyembelih satu kambinga untuk satu keluarga.

Tentu saja pendapat Syeh itu bukan perkataan yang asal-asalan.Tetapi suatu pendapat yang mempunyai landasan yang kuat berdasarkan dalil-dalil yang kuat.

Pendapat syeh langsung di jawab oleh Usrazd Muhammad Ma'rup Khozin dari Indonesia.Beliau pun mengatakan bahwa manfaat dari Qurban satu orang satu kambing adalah semua bisa kebagian.Merujuk kepada mazhab Syafi'i

Kedua pendapat itu dapat di terima, karena keduanya mempunyai landasan yang kuat yang bisa di pertanggung jawabkan oleh masing-masing.

Pendapat mereka bisa di baca di santri.net

Apa manfaatnya mempunyai pendapat ?

Manfaatnya sangat beragam.Mulai dari mempunyai pendapat tentang diri sendiri,orang lain dan lingkungan bahkan tetnang dunia ini.

Sebagai contoh saya mempunyai pendapat seperti ini :

Pendapat saya tentang diri saya adalah " Saya ini bisa"."Saya ini mampu" dan "Saya ini mahal".

Saya berpendat demikian karena,apabila saya selalu belajar tentang ilmu, maka saya akan bisa.Setelah bisa saya akan mampu melakukannya dan.Setelah mampu melakukannya saya akan membagi atau bahkan menjualnya dengan harga yang mahal".Manfaat dari pendapat ini untuk memotivasi diri.

Pendapat saya tentang orang lain adalah "Orang lain belum tentu bisa di percaya"

Saya berpendapat demikian karena,orang yang paling bisa di percaya adalah diri sendiri,kemudian Rosululah SAW.Selain dari pada itu kita harus pandai-pandai memilih orang yang dapat di percaya.Manfaatnya adalah bisa lebih hati-hati terhadap orang lain.

Pendapat saya tentang Lingkungan adalah "Lingkungan adalah obat"

Di kala seseorang sakit,kemudian minum obat besar kemungkinan sakitnya hilang.begitupun lingkungan di kala seseorang yang sangat bodoh lalu kemudian masuk kedalam lingkungan orang-orang pintar lalu kemudian ia ikut belajar maka pasti kebodohan itu akan sirna sama sekali.

Sebaliknya seorang yang baik masuk kedalam lingkungan yang buruk,maka akan sulit mempertahankan kebaikannya,melainkan lambat laun ia pun terpengaruh oleh lingkungannya.

Kenapa saya sebut obat ?,karena apabila seseorang sakit,kemudian pergi ke apotik dan di sana dia hanya diam saja tidak membeli bahkan meminumnya.Kecil harapan untuk cepat sembuh.
Manfaat dari pendapat ini saya bisa lebih hati-hati menjaga diri dari lingkungan.

Pendapat saya tentang Dunia adalah,"Sangat beragam" itu saja

Sebagaimana pendapat para ulama yang bisa di pertanggung jawabkan,pendapat sederhana saya juga hasil dari pemikiran dan pengalaman,jadi pendapat saya juga bisa di pertanggung jawabkan.Yaa... meskipun belum banyak orang yang mau menerima pendapat saya hehe...

Tetapi yang sangat penting,pendapat yang baik bisa merubah sesuatu yang salah menjadi benar.Pemerintah apabila ingin mengeluarkan kebijakan,terlebih dahulu mengadakan jajak pendapat dan pendapat yang baling baiklah yang di ambil.

Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) sebelum mengeluarkan Fatwa terlebih dahulu mendikusikannya guna mencari pendapat terbaik.

Begitupun Lembaga,Instansi,bahkan di dalam keluarga selalu pendapat yang terbaik yang di jadikan acuan untuk menentukan keputusan yang dilakukan melalui musyawarah.

Pendapat kita di nanti oleh orang-orang di sekeliling kita.Namun adakalanya kita tidak terlalu percaya diri untuk menyampaikan pendapat.Takut salah menyampaikannya,takut tidak di anggap,takut menyinggung perasaan,atau takut di anggap sok tau.Yaa..memang ketakutan selalu datang sebelum mengeluarkan pendapat.

Untuk itu saya mempunyai beberapa Tips agar Anda percaya diri dalam menyampaikan pendapat.

Tips agar percaya diri dalam menyampaikan pendapat

1.  Cari tau lebih detail masalahnya.
     
Silahkan cari tau dulu apa yang sedang di permasalahkan,kemudian cari tau apa penyebab masalah atau hal tersebut terjadi.

Contoh : Seorang teman meminta pendapat anda tentang Rumah tangga yang kurang harmonis.Tentu Anda sebaiknya jangan langsung memberikan pendapat melainkan terlebih dahulu cari tau masalahnya,tanya apakah ia sering pulang telat ?, siapa saja yang tinggal di rumah ?, apakah ekonomi keluarga baik-baik saja ? dst.

Setelah Anda menganalisa masalahnya,barulah mulai mencari di mana titik kesalahannya dan.Setelah Anda menemukan semua itu maka utarakanlah pendapat terbaik Anda dengan halus,syukur-syukur Anda juga punya solusi untuk masalahnya tersebut.Saya ingatkan bukan menasehati,karena pendapat sama nasehat itu berbeda dan orang kadang tidak mau untuk di nasehati.

Saya yakin dengan begitu teman anda akan bisa menerima pendapat anda tanpa merasa di nasehati.

2. Sampaikan di saat yang tepat

Menyampaikan pendapat juga harus mengenal situasi.Tak etis rasanya menyampaikan pendapat di saat musyawarah sudah mencapai mupakat,diskusi sudah menemukan solusi,atau di saat suasana rapat yang hanya meminta anda untuk duduk menyimak.

Sampaikanlah pendapat Anda di saat ada yang memintanya,baik meminta secara langsung pendapat anda ataupun tidak langsung.


Contoh : Ketua rapat meminta Anda mengemukakan pendapat saat itu juga,dan itu artinya pendapat Anda di minta secara langsung.Namun apabila Ketua rapat meminta anggota yang hadir agar mengemukakan pendapatnya yang tentunya termasuk anda yang hadir saat itu,maka itu berarti pendapat Anda di minta secara tidak langsung.

Tidak hanya dalam suasana rapat,tetapi dalam keseharian hidup di masyarakat juga anda harus bisa menempatkan di mana Anda akan mengeluarkan pendapat.

3. Tidak mengulang-ngulang

Mengulang-ulang pendapat itu tidak baik,cukup sampaikan sekali saja.Toh apabila pendapat Anda yang terbaik maka mereka akan menerimanya dengan senang hati.

Jangan jadikan pendapat anda adalah penyebab dari kesalahan.Dengan beranggapan

"Gara-gara tidak menerima pendapat Anda si A jadi celaka,si B hidupnya kacau,si C luntang lantung". sebaiknya tidak beranggapan seperti itu karena belum tentu juga pendapat Anda yang terbaik.

4. Hindari lelucon

Kata-kata yang mengandung lelucon memang sering kali membuat orang tertawa.namun dalam menyampaikan pendapat itu sangat tidak di anjurkan.

Orang yang meminta pendapat biasanya mereka dalam keadaan ketidak pastian.Jadi situasinya saat itu tidak membuthkan lelucon.Melainkan hanya sesuatu yang pasti.

5. Bisa di mengerti orang lain

Tentulah semua pendapat yang sudah kita utarakan bisa di mengerti oleh orang lain.Sampaikanlah dengan bahasa yang sederhana,halus,dan tidak menggurui,agar pendapat kita bisa di terima bahkan di anggap pendapat yang luar biasa.

Kita akan merasa bangga bukan apabila pendapat kita berguna dan bermanfaat bagi orang lain.? 

Itulah 5 Tips dari saya.

Apabila orang-orang sudah merasa pendapat Anda lah yang terbaik,maka dengan sendirinya mereka akan mencari-cari Anda untuk di mintai pendapat.

Namun,apabila pendapat anda belum bisa di terima mereka,atau bahkan di remehkan.Jangan berkecil hati teruslah berlatih untuk menyampaikan pendapat yang terbaik,jangan takut salah.Justru berlatihlah dari kesalahan.

"Karena saya yakin pendapat yang baik adalah pendapat yang berlandasan kuat"


Selamat berpendapat


wallahu'alam







Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pendapatmu senjata terbaikmu"

Posting Komentar