Keistimewaan burung ini, tidak di ketahui banyak orang


Taukah Anda di balik keindahan suara burung yang merdu dan warna bulunya yang elok,ternyata burung mempunyai keistimewaan tersendiri di sisi sang "Khalik". yang menjadikan burung sebagai salah satu pembawa risalah,menjadi penerang dalam kegelapan dan sumber inspirasi teknologi dalam kehidupan manusia.

Saat  pagi  hari  menjelang  terdengar  suara  burung  sangat  ramai  berkicauan  dengan sangat  merdu  dan  khas. Tak  mau  kalah  suara  Ayam  jantan  pun  ikut  meramaikan suasana  pagi  dengan  suara  kukuruyuknya. 


Allah menciptakan beraneka ragam species hewan dengan karakter masing-masing yang unik.Kucing misalnya, hewan yang satu ini mempunyai karakter yang lembut di siang hari dan agresif di malam hari, bulu-bulunya yang halus dan indah membuat kucing banyak di jadikan hewan peliharaan di rumah-rumah.

Tak hanya Kucing saja yang jadi pelihraan rumahan, tetapi juga hewan jenis lain sering saya lihat jadi peliharaan banyak orang.Salah satunya ya "Burung".

Tidak sedikit orang yang memelihara burung,bahkan sebagian orang memelihara "Burung" adalah sebuah Hoby yang tidak bisa di tinggalkan begitu saja. Saya pernah membaca sebuah artikel tentang sebuah kontes Burung di Majalah, " Burung Perukutut yang telah berhasil menjuarai sebuah kontes,di hargai 40 juta Rupiah".

Saya berdecak kagum dan menggelengkan kepala ternyata harga seekor burung yang berkualitas cukup mahal juga ya. Setelah saya cari tau ternyata harga seekor burung di nilai dari suaranya. Burung yang sudah mempunyai suara yang indah dan masuk dalam kriteria yang di tentukan, maka bisa di pastikan nilainya pun akan tinggi dan tentu saja memengaruhi harga jualnya.

Saya kurang mengetahui jenis Burung apalagi yang harganya mahal, karena terus terang saat ini di rumah saya belum pelihara burung.Tapi yang pasti Burung di sukai karena kicauannya yang merdu.Setelah itu bentuk dan warna bulunya yang indah menjadi nilai tambah untuk seekor Burung.

Sumber Inspirasi

Taukah anda di balik keindahan suara dan warna,Burung juga merupakan sumber inspirasi bagi manusia.Contohnya kisah manusia pertama yaitu  Nabi Adam A.S di turunkan ke Bumi setelah sebelumnya tinggal di Surga.Nabi Adam kemudian bertemu dengan Siti Hawa dan setelah itu mereka di karuniai empat orang anak,dua anak Laki-laki yang di beri nama Qobil dan Habil dan dua anak Perempuannya di beri nama Lubuda dan Iqlima

Setelah  dewasa  mereka lalu akan di nikahkan Qobil berpasangan dengan Lubuda dan Habil berpasangan dengan Iqlima,mereka tidak bisa memilih pasangannya, melainkan sudah di  tentukan oleh sang ayah yaitu Nabi Adam A.S.Namun rupanya keputusan Nabi Adam di tentang oleh Qobil ia tidak mau di pasangkan dengan Lubuda melainkan ia ingin di pasangkan dengan Iqlima.

Nabi adam menolak keinginan Qobil.Tak puas dengan keputusan sang ayah Qobil kemudian merencanakn untuk membunuh Habil adiknya agar tidak ada lagi yang bisa memiliki Iqlima.

Sampai suatu hari dengan segala tipu daya Qobil berhasil membunuh Habil dengan memukulnya dari belakang.Setelah melihat tubuh adiknya sudah tidak bernyawa lagi, Qobil merasa kebingungan harus di apaka mayat adiknya itu.Tetapi Allah SWT kemudian memberi petunjuk dengan memperlihatkan burung Gagak yang mematuk-matuk tanah untuk mengubur temannya Burung Gagak yang telah mati.Dari situlah Qobil mendapat inspirasi untuk menguburkan Habil adiknya.( Baca surat A-Maidah:31 ) Lebih tepatnya kisah ini kisah Qobil dan Habil

Jalan menunjukan kekuasaan

Masih ingat kisah Nabi Ibrahim A.S yang memohon kepada Allah SWT agar berkenan memperlihatkan kuasa Allah menghidupkan yang sudah mati.Semata-mata untuk menambah keimanan dan keyakinan Nabi Ibrahim A.S atas kuasa-Nya.

Allah SWT mengabulkan permintaan Ibrahim,kemudian Ibrahim di suruh mengumpulkan empat ekor burung,lalu kemudian burung tersebut di cincang dan di campur adukan.Setelah itu di bagi menjadi empat bagian kemudian masing-masing bagian di simpan di tempat yang berbeda.Lalu kemudian allah SWT menunjukan kuasanya dengan menghidupkannya kembali ( Baca surat Al-Baqoroh :260 )

Kemudian kisah nabi Sulaiman A.S dengan burung hud-hud.Ketika itu burung Hud-hud terlambat hadir dalam sebuah perkumpulan pasukan Nabi Sulaiman.Namun ternyata setelah di tanya apa gerangan yang membuatnya terlambat hadir.Ternyata burung Hud-hud membawa sebuah berita penting,ia terbang diam-diam ke negeri Saba yang ada di Yaman.Ngeri itu di pimpin seorang ratu yang bernama Ratu Bilqis,dan mereka semua menganut ajaran sesat yaitu menyembah Matahari.

Untuk membuktikan kebenaran berita terssebut,Nabi Sulaiman kemudian menulis surat
dan menyuruh burung hud-hud mengantarkan ke negeri tersebut.Dan melalui perantaraan surat yang di antarkan oleh burung hud-hud dan atas izin Allah SWT,Ratu Balqis pun akhirnya bisa di tundukan oleh Nabi Sulaiman A.S.

Kisah lengkapnya bisa di baca di anaksaleh.com

Sebetulnya masih banyak kisah lainnya yang menyebutkan peranan penting seekor burung.Kita kembali kepada kisah Qobil dan Habil burung telah di percaya Allah SWT untuk memberikan contoh cara mengurus mahluk-Nya yang sudah mati.Padahal burung bukan hewan yang pandai menggali tanah.

Begitupun pada kisah Nabi Ibrahim yang ingin menyaksikan cara Allah menghidupkan mahluknya sesudah mati.Lagi-lagi Allah SWT menunjukan kuasanya melalui empat ekor Burung.

Tak kalah merariknya kisah Nabi Sulaiman dan burung hud-hud,di mana burung tersebut mendapat peranan penting dalam mempertemukan Sulaiman dan Ratu Bilqis hingga mereka menikah,dan Ratu bilqis masuk agama sulaiman.

Burung juga menjadi sumber Inspirasi di ciptakannya pesawat terbang,dan burung juga menjadi kurir pengantar surat pada jaman kerajaan kuno.

Di dalam Al-Quran banyak ayat yang punya keterkaitan dengan burung.Berikut saya punya screen shot beberapa ayat tentang burung yang saya ambil dari google books





Kita bisa melihat beberapa ayat dalam Al-Quran,yang menyebutkan burung sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah SWT.Saya yakin pesannya adalah Manusia harus mentapakuri, dan merenungkan seekor burung sebagai bagian dari mengenal kebesaran Alah SWT.Itulah sedikitnya keistimewaan burung.

Populasi berkurang

Di jaman sekarang ini burung masih menjadi primadona para pehoby'nya.Kalau saja Anda salah satu pehoby burung,Saya yakin untuk mendapatkan seekor burung tentu saja bukan hal yang sulit.Banyak pasar burung di Indonesia yang menjual berbagai jenis burung dari burung liar sampai burung hasil penangkaran.

Bahkan ada yang mengklaim usaha jual beli burung adalah salah satu bisnis yang punya prospek cerah,karena semakin langka jenisnya, maka semakin banyak pula di cari orang dan tentunya  harganya pun semakin mahal.

Saya mengerutkan kening ketika membaca sebuah artikel tentang berkurangnya populasi burung di negeri kita ini. Ancaman kepunahan burung pun sepertinya sudah tak dapat lagi di pertahankan.

Berikut adalah kutipan yang saya ambil dari www.burung.org


Sebagai salah satu negara Mega Bird Diversity, Indonesia memiliki keanekaragaman jenis burung yang luar biasa. Dari 10.000 jenis burung di dunia, 1.594 jenis terdapat di Indonesia. Jumlah ini menempatkan Indonesia sebagai pemilik burung urutan ke-5 terbanyak di dunia.
Namun begitu, keragaman burung di Indonesia juga menghadapi ancaman.Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia (Burung Indonesia) mencatat, 122 jenis terancam punah dan masuk daftar merah IUCN (International Union for Conservation of Nature). Rinciannya adalah 18 jenis berstatus ‘kritis’, 31 jenis ‘genting’, sementara 73 jenis tergolong ‘rentan’. Kondisi ini menempatkan Indonesia sebaga negara yang burungnya paling banyak terancam punah



Risalah burung

Burung dengan segala kelebihan yang di miliki dari mulai suara yang merdu,bentuk tubuh yang kokoh dan warna bulu yang indah,membuat banyak orang  terpesona.Contohnya seperti burung Kenari, Kacer, Jalak suren dan Murai batu Burung-burung tersebut bisa di kategorikan jenis burung yang mahal.Tetapi tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa memiliki burung tersebut.

Ironisnya burung yang tidak memiliki suara indah seperti jenis burung pipit terkadang kurang begitu di hargai,meskipun begitu tetap saja burung itu di tangkap dan di perjualbelikan di pasaran dengan harga yang sangat murah.Kemudian peminat jenis burung tersebut kebanyakan dari kalangan anak-anak yang ingin punya mainan peliharaan, Terkadang setelah mereka merasa bosan lalu di tinggalkannya tanpa di urus. Kasihan sekali nasibmu burung pipit.

Intinya jenis burung yang bisa berkicau dengan merdu dan mempunyai irama yang khas,sudah bisa di pastikan menjadi buruan banyak hobyis.Saya merasa kasihan juga dengan burung yang suranya kurang begitu indah seperti burung pipit,pecinta burung jenis ini tidak sebanyak jenis lainnya.

Padahaal Allah SWT saja yang menciptakan burung dengan segala kelebihan dan kekurangannya.Tidak membeda-bedakan jenis burung untuk di jadikan bahan pelajaran bagi manusia.Seperti tercantum dalam Al-Quran surat ke 6:38



Semua Binatang ciptaan Allah itu selalu bertasbih kepada-Nya termasuk burung.Hal ini di katakan dalam Al-Quran surat An-nuur:41





Burung adalah binatang yang pantas untuk di lindungi dan di jaga populasinya,dengan tidak membeda-bedakankan jenisnya.Baik itu burung yang mempunyai suara merdu ataupun yang tidak.Karena semua jenis burung adalah ciptaan Allah SWT yang telah di design sedemikian rupa menjadi beraneka ragam bentuk dan warna.

Melalui perantara seekor burung Allah SWT memberikan inspirasi,contoh sekaligus penerang jalan bagi manusia untuk mengetahui hal-hal yang belum di ketahui sebelumnya. Burung juga telah menginspirasi pembuatan pesawat terbang yang kini menjadi sarana transportasi yang paling cepat dan epektif.

Ada baiknya kita semua ikut melestarikan populasi burung di Indonesia.Bukan hanya burung yang di lindungi oleh Undang-Undang saja,tetapi semua jenis burung yang senantiasa menghiasi alam jagat raya ini.Apabila salah satu jenis burung kurang di minati untuk di pelihara,baiknya di lepaskan saja di alam bebas agar senantiasa terjaga populasinya. Harusnya sekarang kita sudah mulai menyadari bahwa burung adalah salah satu binatang yang istimewa di sisi Allah SWT.


Kenapa istimewa?
Karena Allah SWT telah menyebut-nyebut banyak kata burung dalam firmannya.

Allah SWT maha mengetahui akan mehluknya.Kenapa Allah SWT memilih burung untuk di jadikan salah satu pembawa  risalah bagi manusia.? Tentulah di balik semua itu ada hikmah yang bisa di dapat dari seekor burung.Dan kini sang pembawa risalah itu sedang terancam kepunahan.

Wallahu a'lam bissowab.










Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Keistimewaan burung ini, tidak di ketahui banyak orang"